Kapolres Kupang Kota Dampingi Wakil Walikota Kupang Launching Kelurahan Tangguh Liliba

Kapolres Kupang Kota Dampingi Wakil Walikota Kupang Launching Kelurahan Tangguh Liliba

Tribratanewskupangkota.com - Bertempat di Kantor Lurah Liliba Jln. Taebenu, RT. 01 RW. 02, Kel. Liliba, Kec. Oebobo Kota Kupang telah berlangsung kegiatan Launching Kelurahan Tangguh Liliba kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghadapi ancaman krisis sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yakni, krisis ekonomi, Kesehatan, pangan dan keamanan dalam arti yang lebih luas serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat beraktivitas. Pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 pukul 08.30 Wita

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bapak Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man, Bapak Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana Panuntung Tarung Binti, S.I.K, Pasie min Pers Kodim 1604/Kupang Mayor Inf. Tasdiq Prawoto, S.Ag, Ketua DPRD Kota Kupang Bapak Yeskiel Loudoe, S. Sos, Jubir Satgas Covid Bapak Ernest S. Ludji, SSTP, M.Si, Bapak Lurah Liliba Viktor A. Makoni, S.Sos, Tokoh-tokoh Agama,Tokoh-tokoh Masyarakat, Tokoh-Tokoh Pemuda Liliba serta tamu undangan yang berjumlah sekitar 75 Orang.

Ide pembentukan Kampung Tangguh Liliba awalnya muncul dari Polda Jawa Timur yang diberi nama Kampung Tangguh Semeru, Program ini kemudian diadopsi secara nasional melalui Polri karena dianggap efektif meningkatkan partisipasi masyarakat menangkal Covid-19.

Bapak Lurah Liliba Viktor A. Makoni, S.Sos memberikan sambutan yang pada intinya bahwa ditunjuknya Kelurahan Liliba sebagai pilot project sebagai kelurahan tangguh adalah bentuk penghargaan kepada warga dan perangkat pemerintah yang berada di Liliba.

“Saling mendukung dan menjadi tangguh dalam menghadapi Covid 19 ini, bentuk ketangguhan bermacam-macam, bisa ketangguhan kesehatan ketangguhan pangan, ketangguhan keamanan dan lain-lain. dan pada kesempatan yang berbahagia ini kita bersama-sama akan meresmikan kelurahan tangguh liliba. Bentuk ketangguhan yang ditunjukkan dari kampung ini adalah ketangguhan kesehatan masyarakat”. Tambah Bapak Lurah Liliba.

Selain itu Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana Panuntung Tarung Binti, S.I.K memberikan sambutan bahwa dalam menghadapi Penyebaran Covid 19 Ini, Polri melakukan langkah Terobosan Baru yaitu dengan dibentuknya kelurahan-kelurahan Tangguh yang diberi nama Kelurahan Tangguh Nusantara. Maksud dari dibentuknya Kelurahan Tangguh ini adalah Polri bersama-sama dengan masyarakat dalam mendukung Kampung Tangguh melaksanakan metode SARA ( Scaning, Analysis, Respon dan Assinment ) terkait dengan membangun ketahanan di bidang keamanan, ekonomi dan sumber daya.

Adapun Kampung Tangguh ini membudidayakan Lele dan Tumbuhan yang bila bisa menghasilkan akan diberikan atau dikontribusikan kepada Masyarakat bisa semakin tangguh dan semakin hebat dan menjadi contoh pada Kelurahan yang lain.

Dalam acara tersebut Bapak Wakil Walikota mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada TNI/Polri khususnya kepada Kapolres Kupang Kota dan Dandim Kodim 1604/Kupang yang menggerakan Bhabin Kamtibmas dan Bhabinsanya sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik dan sangat luar biasa hingga Kampung Tangguh Liliba ini bisa ada serta berjalan dengan aman dan lancar.

Akhi kegiatan dilaksanakannya pemukulan Gong yang di wakili Oleh bapak Wakil Walikota yang menandakan Kampung Tangguh Liliba telah Sah serta dilakukan pengecekan Posko Tangguh, Posko Kesehatan dan Posko Pangan. (J)