Jelang Simulasi Sispamkota, Kapolresta Kupang Kota Minta Partisipasi Aktif Anggota

Jelang Simulasi Sispamkota, Kapolresta Kupang Kota Minta Partisipasi Aktif Anggota

Tribratanewskupangkota.com - Menjelang simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) bersama Polda NTT dan Polresta Kupang Kota pada penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2024, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si meminta seluruh anggota yang terlibat dalam kegiatan tersebut, untuk aktif dan selalu semangat dalam mengikuti latihan.

 

"Kita sukseskan simulasi sispamkota bersama Polda NTT, karena ini merupakan tolak ukur dalam pengamanan pelaksanaan pilkada serentak 2024," kata Kapolresta saat memimpin langsung apel pagi di Lapangan Lasitarda, Kelurahan Lasiana, Senin (19/8/2024).

Lebih lanjut dikatakan, penting bagi anggota untuk memahami perannya masing-masing, sehingga simulasi berjalan baik, sesuai skenario yang telah dibuat.

 

"Pahami peran yang dilakoni, sehingga pada simulasi nanti, berjalan lancar dan masyarakat bisa melihat langsung bahwa Polri telah siap mengamankan pesta demokrasi di NTT, khususnya Kota Kupang," ujar Kombes Aldinan.

Tambahnya, pada tanggal 27 Agustus 2024, sesuai jadwal yang dibuat oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu, kita sudah masuk pengamanan pada tahap pendaftaran, agar selalu siaga dan jaga netralitas Polri.

 

"Sebagai anggota Polri, tidak condong atau memihak calon dan ataupun partai politik tertentu," tegas Kapolresta Kupang Kota.

 

Dia meminta, anggota dapat menjaga kamtibmas yang kondusif seperti pada penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta calon Anggota DPD, DPR pada tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Pertahankan keamanan pelaksanaan pilkada serentak yang kondusif, seperti penyelenggaraan pemilu presiden dan calon anggota dewan yang lalu," ucap Kombes Aldinan.

 

Selain itu, orang nomor satu di Polresta Kupang Kota ini, kembali mengingatkan anggota agar terus aktif berikan edukasi bagi masyarakat supaya tidak minum minuman keras (miras) secara berlebihan.

"Kebanyakan kasus kecelakaan lalu lintas dan tindak pidana yang terjadi di Kota Kupang, berawal dari kebiasaan masyarakat yang konsumsi miras hingga mabuk, lalu mengendarai kendaraan bermotor. Sebagai pelayan, kita wajib ingatkan masyarakat kita," ungkap Kapolresta lagi.

 

Pada akhir arahannya, mantan Wakapolresta Kupang Kota ini juga kembali meminta anggota jaga keselamatan diri sendiri, dan institusi serta bekerja secara profesional.

Terpantau media ini, pada kesempatan itu juga, seluruh personel secara gotong royong membersihkan lingkungan di sekitar Lapangan Lasitarda, dengan memotong rumput dan memangkas ranting-ranting pohon, sehingga menjadi lebin bersih dan indah, yang juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. (AN)