Ibadah Kamis Putih di Kota Kupang, Polresta Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan di Gereja

Ibadah Kamis Putih di Kota Kupang, Polresta Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan di Gereja

Tribratanewskupangkota.com - Kepolisian Resor Kota Kupang Kota, mengerahkan ratusan personel dalam melakukan pengamanan ibadah atau misa kamis putih, yang berlangsung di seluruh gereja katolik di Kota Kupang, pada Kamis (28/3) sore. 

Misa yang berlangsung beberapa sesi, sejak sore hingga malam itu, untuk mengenang malam perjamuan terakhir Yesus bersama 12 murid-muridnya sebelum hari Paskah. 

 

Selain mendapat pengamanan dari personel Polresta Kupang Kota, juga dibantu oleh personel Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda NTT, Dinas Perhubungan Kota Kupang, dan pemuda gereja setempat. 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang dihubungi media ini mengatakan, pengamanan dilakukan oleh personel Polresta Kupang Kota dan BKO Polda NTT berjumlah 406 personel. 

 

"Sore hari tadi hingga malam ini, personel yang diterjunkan sebanyak 406, yang terdiri dari personel Polresta Kupang Kota sebanyak 306 personel dan BKO Polda NTT 100 personel," jelas Kapolresta Aldinan. 

Lebih lanjut dikatakan, perbantuan pengamanan juga oleh Dinas Perhubungan dan pemuda gereja (THS THM). 

 

Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan umat saat mengikuti misa, agar tidak terganggu, dan melancarkan arus lalu lintas sehingga tidak menimbulkan kemacetan. 

"Selain menjaga keamanan umat selama misa, juga dilancarkan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan, sebagai salah satu wujud pelayanan Polri kepada masyarakat. Juga dilakukan himbauan kepada pengendara kendaraan bermotor, untuk mematuhi aturan lalu lintas, dan selalu memakai helm SNI, demi menjaga keselamatan diri sendiri maupun orang lain, tutup mantan Kapolres Kupang itu. 

Untuk diketahui, sebelum dimulainya misa, terlebih dilakukan sterilisasi oleh Tim Gegana Satuan Brimob Polda NTT, guna antisipasi benda-benda yang mencurigakan yang berada di dalam dan atau di sekitar lingkungan gereja. 

Selain menjaga misa di gereja katolik, terpantau tribratanewskupangkota.com personel juga lakukan pengamanan pada beberapa gereja kristen di Kota Kupang yang melaksanakan ibadah perjamuan kudus menyambut hari Paskah 2024. (AN)