Hari Ke-3 Pelaksanaan Operasi Keselamatan Turangga, Ini Yang Dilakukan Oleh Sat Lantas Polresta Kupang Kota.

Hari Ke-3 Pelaksanaan Operasi Keselamatan Turangga, Ini Yang Dilakukan Oleh Sat Lantas Polresta Kupang Kota.

Tribratanewskupangkota.com - Unit Keamanan dan Keselamatan Satuan Lalu Lintas Polresta Kupang Kota melaksanakan Operasi Keselamatan Turangga 2023, dengan kegiatan himbauan tertib berlalu lintas menggunakan pengeras suara kepada pengendara roda dua maupun roda empat di Traffic Light Bundaran Gubernur NTT, Kamis pagi (9-2-2023), dan pemberian hadiah atau reward kepada pelajar yang  sudah mau menggunakan helm SNI saat diantar oleh orang tuanya ke sekolah.

Kasat Lantas Polresta Kupang Kota Kompol Imanuel Zacharias, S.H, yang dihubungi di lokasi kegiatan operasi mengatakan bahwa pelaksanaan operasi keselamatan lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang humanis untuk pemeliharaan kamtibmas  dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. "Operasi Keselamatan Turangga 2023 kami lebih kedepankan tindakan pemeliharaan kamtibmas, perlindungan dan pertolongan baik terhadap orang, benda maupun barang khususnya mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas", ujarnya.

Bagi pengendara sepeda motor khususnya pelajar yang dibonceng dan taat peraturan lalu lintas dengan gunakan helm SNI, kami berikan apresiasi berupa hadiah atas kepatuhannya.

Saat pelaksanaan operasi, ditemukan pelanggaran terhadap pengendara sepeda motor yang membonceng pelajar tidak menggunakan helm dilakukan tindakan dengan mengantar pelajar tersebut ke sekolahnya. "Kami juga ada program Kesamber Polisi (Ke sekolah aman bersama polisi), pelajar yang kedapatan tidak menggunakan helm SNI kami berikan himbauan kepada orang tuanya dan pelajar tersebut kami antar ke sekolah menggunakan mobil patroli satuan lantas", jelas Kasat Lantas.

Selama pelaksanaan operasi keselamatan yang berlangsung selama 14 hari, diharapkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas semakin baik sehingga pelanggaran dan kecelakaan dapat menurun dibandingkan pada tahun sebelumnya.