Guna Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan, Surveyor Akreditasi Datangi Klinik Pratama Polresta Kupang Kota

Guna Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan, Surveyor Akreditasi Datangi Klinik Pratama Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Surveyor Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) melakukan akreditasi pada Klinik Pratama Parama Satwika Polresta Kupang Kota, Kamis (23/11/2023) pagi, guna memastikan standar kualitas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan (Faskes) tersebut.

 

Tim surveyor, yakni drg. Shinta R.D Ndaumanu, M. Kes dan Yustina Octoviana Doa, S. KM yang tiba, disambut langsung oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, dengan didampingi oleh Kepala Seksi Kedokteran Kepolisian dan Kesehatan Kepolisian (Kasidokkes) Polresta Kupang Kota IPTU Daud Bessie, A.Md. Kep, Ps. Paur 2 Subbid Kesehatan Kepolisian Bidang Dokkes Polda NTT IPTU Wahed Wahyudi, A.Md. Kep., S.H, serta personel Seksi Dokkes Polresta Kupang Kota.

Kapolresta mengucapkan selamat datang kepada tim surveyor, dan melakukan pengalungan selendang adat asal Kabupaten Belu, di depan lobby Polresta Kupang Kota.

 

Dalam sambutannya di dalam ruangan klinik pratama, Kapolresta Kupang Kota mengatakan, Klinik Polresta bukan seperti rumah sakit tetapi rumah sehat.

"Ini adalah rumah sehat, bukan rumah sakit, sehingga diharapkan setiap anggota, keluarga anggota dan masyarakat umum yang datang berobat bisa sembuh," ucap Kombes Krisna.

 

Ditambahkannya, gedung ini merupakan tempat yang baru bagi klinik, sebelumnya menempati ruangan yang kurang luas, sehingga dipindahkan ke ruangan baru, agar pasien yang datang bisa melakukan pemeriksaan dan sebagainya, dengan lebih nyaman.

 

Kami harapkan kepada tim surveyor akreditasi, yang datang untuk meninjau langsung keadaan klinik, agar dapat memeriksa dengan seksama, sehingga upaya perbaikan dalam pelayanan terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi, tutup Kapolresta.

 

Surveyor akreditasi drg. Shinta R.D Ndaumanu, M. Kes menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mereka, dalam rangka meneliti seluruh dokumen dan tata kelola klinik.

"Kehadiran kami untuk melakukan peninjauan langsung atas semua dokumen, dan hasil penelitian, semua dokumen sangat baik, ungkap ASN pada Dinas Kesehatan Kota Kupang itu.

Dia melanjutkan, semangat akreditasi, apa yang di tulis, sama dengan apa yang ada, dan dikerjakan.

 

Sambungnya, bahwa tata kelola di klinik polresta sudah berjalan dengan baik.

 

Dikatakan oleh surveyor akreditasi Yustina Octoviana Doa, S.KM, bahwa Klinik Polresta Kupang Kota sangat luar biasa.

"Klinik ini sudah luar biasa atas dokumen-dokumen yang kami lihat, dimana sesuai dengan persyaratan dan instrumen, namun ada sedikit koreksi dalam penulisan yang akan kami perbaiki," ujar Yustin sapaan akrabnya.

 

ASN di Dinas Kesehatan Provinsi NTT tersebut menambahkan, kedatangan mereka untuk melihat langsung antara dokumen yang di berikan dengan keadaan yang ada.

"Kemarin kita lakukan secara daring, dan hari ini kami ingin lihat dokumen yang diberikan dengan dokumen yang ada di klinik," ujarnya lagi.

 

"Klinik ini adalah lompatan yang besar, atas semangat yang begitu luar biasa, harapannya pelayanan terhadap pasien juga semakin baik," tandasnya.

 

Kasidokkes Polresta Kupang Kota yang diwawancarai media ini menjelaskan, akreditasi dari para surveyor dilakukan dalam rangka standarisasi pelayanan di bidang kedokteran dan kesehatan Kepolisian.

Selain itu juga, dalam rangka peningkatan mutu untuk memberikan pelayanan Faskes yang terbaik kepada pasien.

 

"Upaya yang dilakukan dalam peningkatan mutu klinik pratama ini, melalui penyelenggaraan akreditasi diperlukan untuk memberikan perlindungan kepada anggota, keluarga anggota dan masyarakat umum terhadap perbaikan mutu pelayanan kesehatan di klinik," ujar Kasidokkes.

 

Pelaksanaan akreditasi hari pertama, kata IPTU Daud, tim surveyor melakukan pemeriksaan administrasi dokumen klinik.

"Pada hari pertama pemeriksaan melalui zoom meeting, adanya kekurangan dan diberikan masukan, saat ini telah kami lengkapi kekurangan itu. Pada hari kedua, mereka melakukan kunjungan langsung, dengan mendatangi Klinik Pratama Parama Satwika. Setelah selesai pemeriksaan, dilakukan proses telaah, oleh tim," tambahnya lagi.

 

"Akreditasi juga menjadi langkah penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan," pungkas dia.

 

Proses akreditasi ini, bertujuan untuk memastikan bahwa Klinik Pratama Parama Satwika Polresta Kupang Kota memenuhi standar kualitas yang ditetapkan, dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja FKTP, yang dilakukan oleh tim independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (AN)