Diskusi Santai Bersama Warga, Polsek Maulafa Himbau Penyelenggaraan Pesta Tidak Mengganggu Orang Lain

Diskusi Santai Bersama Warga, Polsek Maulafa Himbau Penyelenggaraan Pesta Tidak Mengganggu Orang Lain

Tribratanewskupangkota.com - Polsek Maulafa Polresta Kupang Kota bersama warga Rt. 019 Rw. 007 Kelurahan Naimata, melakukan diskusi santai terkait kamtibmas yang terjadi di Kelurahan Naimata, Jumat (21/7/2023) pagi.
Selain itu, Polsek Maulafa juga ingin mendengar masukan dan kritikan langsung dari warga, tentang pelaksanaan tugas Kepolisian. 

Mewakili Kapolsek Maulafa AKP Nuriyani Trisani Ballu, S.H., M.H, Ps. Kanit Binmas IPDA Suki mengatakan, dalam kesempatan ini kepada semua warga, bahwa kami melaksanakan kegiatan "Jum'at Curhat" yang dikemas dalam diskusi santai, yang mana untuk mendengarkan permasalahan, keluhan, pengaduan dan saran langsung dari masyarakat, mungkin dapat disampaikan kepada kami agar dapat kami sampaikan kepada pimpinan. 

Turut hadir mendampingi, diantaranya Ps. Panit 1 Binmas Polsek Maulafa AIPTU Deky Tanebeth, S.H, Ps. Kasihumas Polsek Maulafa AIPTU Deddy Manuain, S.H, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Naimata AIPDA Apner Robinson Manu. 

IPDA Suki menyampaikan untuk silahkan kepada bapak/ibu untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal atau sekitarnya. 

Warga mengucapkan terima kasih kepada bapak dari Polsek Maulafa, sudah datang ke tempat kami, kami mohon kepada Kepolisian agar dapat menempatkan anggota untuk sering melakukan peneguran dan penindakan di simpang bawah Jalan Jalur 40 Naimata, karena masih banyak pengendara yang lewat tidak menggunakan helm, dan adanya pemuda sering menggeber geber sepeda motor dengan suara knalpot bising atau knalpot racing. 

"Untuk masalah penggunaan helm dan knalpot bising atau racing, saat ini kami masih melaksanakan Operasi Patuh Turangga, dan kami selalu bersama dengan Satuan Lalu Lintas Polresta Kupang Kota melakukan peneguran dan penindakan berupa penilangan terhadap pelanggar, serta beberapa hari yang lalu kami, dipimpin oleh ibu Kapolsek Maulafa, melakukan peneguran dan penindakan di simpang jalan tersebut, dan juga di beberapa tempat lainnya, untuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya patuh dan tertib di jalan raya demi keselamatan diri sendiri", jawab IPDA Suki. 

Ucapan terima kasih kembali dari warga Naimata terhadap Polsek Maulafa yang telah beberapa kali datang ke wilayah Naimata untuk menghimbau dan membubarkan pesta pada jam 24.00, sehingga musik pesta tidak mengganggu warga pada tengah malam. "Kami memohon agar anggota Polsek Maulafa tetap rutin melakukan himbauan dan juga patroli di dalam jalan-jalan gang karena adanya kelompok pemuda sering nongkrong sambil konsumsi minuman keras (miras). 

Kanit Binmas menanggapinya, dengan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Kepolisian (Polsek Maulafa) karena selalu menyampaikan informasi terkait pelaksanaan pesta maupun kelompok pemuda yang nongkrong sambil konsumsi miras di wilayahnya, kepada Bhabinkamtibmas dan Polisi RW. "Pada kesempatan ini, saya mewakili pimpinan (Kapolsek Maulafa), menghimbau kepada bapak/ibu untuk patuh terhadap aturan hukum yang berlaku dan mari kita sama-sama menjaga lingkungan agar tetap kondusif. Pesta tidak dilarang namun jangan sampai mengganggu ketertiban dan keamanan orang lain atau tetangga sekitar", pesannya. 

Tambahnya, untuk saran masukan dan pujiannya, kami akan terus melaksanakan tugas rutin patroli dan himbauan di tempat-tempat pesta agar tidak melebihi jam 24.00, karena dapat mengganggu orang lain yang butuh istirahat, orang tua, orang yang sedang sakit, anak balita, dan juga orang-orang yang akan beraktifitas di pagi hari, sehingga semua masyarakat dapat merasa nyaman dan aman. 

Salah satu pemuda mengeluhkan masih terjadinya pencurian hewan (anjing), sehingga kami masih merasa terganggu karena anjing yang kami pelihara sering hilang tanpa jejak. 

Bahwa untuk pencurian anjing, kami sedang berusaha mencari pelaku pencurian anjing, karena sudah sering menjadi keluhan masyarakat, kami tetap berusaha untuk mengungkap kasus pencurian anjing, yang kami duga para pelaku menggunakan racun untuk meracuni anjing, kemudian dibawa lari, sehingga kami minta partisipasi dan bantuan masyarakat untuk sama-sama dapat mengungkap pelaku pencurian anjing tersebut. Jika ada kejadian lagi, agar dapat segera dilaporkan kepada kami untuk dapat dilakukan penyelidikan oleh anggota kami, jawab perwira Polsek Maulafa.