Bhabinkamtibmas Lasiana bersama petugas RPH kupang cek PMK pada sapi.

Bhabinkamtibmas Lasiana bersama petugas RPH kupang cek PMK pada sapi.

Tribratanewskupangkota.com - Rumah Potong hewan (RPH) baemopu kelurahan Lasiana didatangi Bhabinkamtibmas kelurahan Lasiana Aipda Juhardi Gultom.

Kedatangan Bhabinkamtibmas dalam rangka melakukan pengecekan terhadap sapi yang ada di lokasi penampungan guna melihat secara langsung keadaan sapi sapi tersebut sebelum dilakukan pemotongan.

Kedatangan Bhabinkamtibmas disambut oleh Dokter hewan Jeane Konda Malik yang bertugas pada RPH di pagi hari.

 

Menurut Drh Jeane, bahwa semua sapi yang masuk ke RPH terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan awal, yakni dengan memeriksa keadaan sapi yang nampak.

 

Terkait dengan PMK, kami juga melakukan pemeriksaan pada bagian mulut dan kuku. Jika kami temukan hidung sapi mengeluarkan lendir berlebihan, mulut luka, gusi berdarah serta pada bagian kuku terluka maka kami tidak terima dan langsung dipulangkan sedangkan sapi yang sehat kami Terima demikian kata Drh Jeane.

 

Kegiatan ini kami namakan antemortem, yakni pemeriksaan bagian luar dari hewan yang akan di sembelih. Setelah selesai pemotongan, akan dilakukan pemeriksaan Post mortem yakni pemeriksaan bagian dalam dari hewan dimaksud, yakni pada bagian jantung, hati, limpa, usus, paru dan beberapa bagian lainnya.

Jadi semua sapi yang nasuk awalnya diperiksa oleh petugas dan Dokter hewan yang bertugas saat itu. Setelah dinyatakan sehat, lalu sapi sapi tersebut dibawa ke penampungan dan diberi makan oleh petugas. Pada pukul 01.00 wita sapi sapi tersebut disembelih dan dilakukan pemeriksaan ulang oleh Dokter hewan yang bertugas pada bagian organ dalam hewan lalu dikirim ke pasar.

 

Setiap hari sapi yang akan disebelih sekitar 30 sampai 40 ekor sesuai dengan permintaan pasar. (FN)