Bakti Kesehatan Polresta Kupang Kota, Sumbang 83 Kantong Darah

Bakti Kesehatan Polresta Kupang Kota, Sumbang 83 Kantong Darah

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota menggelar bakti kesehatan dengan melakukan donor darah, yang berlangsung di Klinik Pratama Parama Satwika Polresta Kupang Kota, Kamis (20/6/2024) pagi.

 

Aksi sosial ini, bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Provinsi NTT, dan merupakan bentuk kepedulian Polri dalam membantu sesama, serta dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui setelah mengikuti donor darah, memberikan apresiasi atas aksi sosial yang selain diikuti oleh personel Polresta Kupang Kota, juga ikut berpartisipasi, para prajurit TNI dari Lantamal VII Kupang dan Lanudal El Tari Kupang, serta ibu-ibu pengurus dan anggota Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota, serta masyarakat Kota Kupang.

 

"Atas nama institusi, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh personel Polresta, rekan-rekan dari TNI, Bhayangkari dan masyarakat Kota Kupang, semoga sumbangan darah yang sudah diberikan ini, berguna bagi sesama yang membutuhkan," ungkap Kapolresta Kupang Kota.

Selain itu, tambah mantan Wadir Narkoba Polda NTT ini, dengan kita mendonorkan darah, memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita sendiri.

 

"Bagi yang mendonorkan darah, ada manfaat kesehatan yang positif juga bagi pendonor, sehingga kita disarankan untuk rutin ikuti donor darah setiap 3 bulan sekali," ujar Kombes Aldinan Manurung.

Seperti diketahui, sebelum mengikuti donor darah, pendonor terlebih dahulu melakukan registrasi yang berlangsung di depan klinik, pemeriksaan kesehatan oleh dokter sebagai persyaratan kelayakan, seperti mengukur tekanan darah, pengecekan Hemoglobin darah, konsultasi kesehatan singkat, dan apabila dinyatakan layak, kemudian pendonor boleh melakukan donor darah yang dilaksanakan di dalam ruangan klinik.

Hingga akhir pelaksanaan, berhasil dikumpulkan sebanyak 83 kantong darah, yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 20 kantong, B sebanyak 23 kantong, O sebanyak 35 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 5 kantong, yang selanjutnya diberikan kepada Pamang Merah Indonesia Provinsi NTT, untuk kemudian diberikan kepada sesama yang membutuhkan. (AN)