Serentak Gelar Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat PPK, Satgas OMB Polresta Lakukan Pengamanan Ketat

Serentak Gelar Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat PPK, Satgas OMB Polresta Lakukan Pengamanan Ketat

Tribratanewskupangkota.com – Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 tingkat kecamatan, yang dilakukan secara terbuka, dimulai pada Selasa (20/02/2024) pagi, dan serentak di seluruh PPK se-Kota kupang.

Rapat pleno menjadi salah satu bagian penting dalam pengamanan tahapan inti Pemilu 2024, mengingat pada pleno tersebut, seluruh hasil perolehan suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, serta Calon Anggota Legislatif (DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota) dari setiap TPS, akan dilakukan perekapan hasil penghitungan perolehan suara, untuk ditetapkan menjadi sebuah keputusan pada tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sebelum dilanjutkan dengan rapat pleno ke tingkat KPU Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota melalui Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasihumas) IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly mengatakan, serentak mulai hari ini, dilakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tingkat kecamatan, yang diperoleh oleh Capres dan Cawapres serta para Calon Anggota Legislatif (Caleg).

“Pada hari ini, secara serentak di tingkat PPK, mulai dilakukan rapat pleno hasil penghitungan perolehan suara yang diperoleh Capres dan Cawapres, serta para Caleg dalam pemungutan suara Pemilu 2024 kemarin,” jelas Kasihumas yang ditemui media ini di sela-sela peninjauan ke PPK Oebobo.

 

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa personel Polresta Kupang Kota berkewajiban melakukan pengamanan, guna menjamin pelaksanaan rapat pleno yang berlangsung aman, damai dan tertib, katanya.

Personel yang terlibat dalam pengamanan sebanyak 60 personel, yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Kupang, dan melakukan pengamanan selama 1x24 jam penuh, bersama petugas PLN Kupang untuk memastikan aliran/arus listrik di setiap PPK aman, mengingat logistik Pemilu yang berbahan kertas, sehingga mudah terbakar. Ada juga rekan-rekan Babinsa (TNI AD) yang membantu pengamanan selama pelaksanaan pleno berlangsung, beber dia.

 

Selain itu, sejumlah 20 personel lain dalam Satgas dan Sub Satgas Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 Polresta Kupang Kota, melaksanakan tugas patroli ke setiap PPK yang melaksanakan rapat pleno, untuk memantau pelaksanaan rekapitulasi, yang harapannya dapat terselenggara dengan kondusif hingga rencana tanggal 25 Februari 2024 mendatang, tutup IPDA Frangky. (AN)