Polresta Kupang Kota Terjunkan Ratusan Personel, Amankan Kampanye Rapat Umum Terbuka Perdana di Kota Kupang

Polresta Kupang Kota Terjunkan Ratusan Personel, Amankan Kampanye Rapat Umum Terbuka Perdana di Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com – Sebanyak 131 personel Satuan Tugas Operasi Mantap Brata (Satgas OMB) Turangga Polresta Kupang Kota, diterjunkan untuk melakukan pengamanan pada Kampanye Pemilu 2024, yang dilakukan dalam bentuk Rapat Umum Terbuka, dan perdana di Kota Kupang, berlangsung di Lapangan Lasitarda, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT, Rabu (31/1/2024) pagi.

 

Pengamanan yang dilakukan oleh personel Satgas OMB Turangga Polda NTT dan Polresta Kupang Kota, dipimpin Kepala Biro Operasi Kombes Pol. Deonijiu De Fatima, S.I.K., S.H, yang juga selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi Polda (Karendalopsda).

 

Dalam arahan kepada personel Polresta Kupang Kota, Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polresta Kupang Kota Kompol Joni F.M Sihombing, S.E., S.I.K., M.M, yang juga sebagai Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi Polres (Karendalopsres) mengatakan, personel yang telah ditunjuk berdasarkan surat perintah Kapolresta Kupang Kota, melaksanakan sesuai titik Plotingan, dan perwira bertanggung jawab atas anggotanya.

“Personel sudah ditempatkan pada setiap titik di sekitar lokasi kampanye, dan perwira yang ditunjuk, bertanggung jawab atas anggotanya. Setiap ada kejadian atau peristiwa maupun kendala, segera dilaporkan kepada perwira kendali pada titik pengamanan, dan secara berjenjang untuk segera ditindaklanjuti,” ungkap Kabagops didampingi Kepala Satuan Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M.

 

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasihumas) Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly yang ditemui tribratanewskupangkota.com di lokasi mengatakan, pengamanan dilakukan untuk mencegah gangguan terhadap stabilitas keamanan.

“Personel pengamanan oleh Satgas OMB Turangga Polresta Kupang Kota dan Polda NTT, guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap penyelenggaraan kampanye rapat umum terbuka, dan tidak mengganggu aktifitas masyarakat lainnya,” beber Kasihumas.

 

Ditambahkannya lagi, pelaksanaan kampanye dalam rangka pesta demokrasi 5 tahunan itu dapat berlangsung kondusif, sehingga diperlukan tindakan preventif guna mencegah adanya gesekan atau hujatan antar peserta, dan pendukung pasangan calon lain, dan kampanye menjadi lebih berkualitas.

Selain Partai PSI, beber IPDA Frangky, Partai Golkar juga akan melakukan kampanye rapat umum terbuka, bertempat di Alun-alun Kota Kupang, Kelurahan Kelapa Lima, mulai pukul 15.00 Wita, dan sebanyak 96 personel Satgas OMB Turangga Polresta Kupang Kota disiapkan dalam pengamanan, yang nantinya dibantu dari personel Satgas OMB Turangga Polda NTT, pungkas dia.

 

Seperti diketahui, kampanye rapat umum di Lapangan Lasitarda, dilakukan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dengan menghadirkan Ketua Umum Partai PSI Kaesang Pangarep, dan para Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil NTT II, Caleg DPRD Provinsi NTT, dan Caleg DPRD Kota Kupang dari Dapil Kota Kupang. (AN)