Menjelang Hari Bhayangkara, Satlantas Polresta Kupang Kota Mengadakan Lomba Safety Riding.

Menjelang Hari Bhayangkara, Satlantas Polresta Kupang Kota Mengadakan Lomba Safety Riding.

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Kupang Kota mengadakan kegiatan Lomba Safety Riding.

Lomba Safety Riding dengan peserta pengendara roda dua tersebut, bertempat di Taman Lalu Lintas, Lapangan Ujian Praktek SIM Roda Dua, Kelapa Lima Kota Kupang, Sabtu (17/6/2023) pagi.

Dalam perlombaan tersebut, pengendara roda dua diwajibkan harus melewati 5 lintasan, yakni berkendara secara lurus dengan kecepatan sedang, melintasi jalur Letter U, jalur Zig-Zag, tes reaksi menghindar, dan terakhir melewati jalur lintasan dengan bentuk angka 8. Semua lintasan yang dilewati oleh peserta lomba ini, sekaligus untuk melatih keseimbangan, konsentrasi dan kesabaran, sehingga bisa melewati seluruh lintasan yang ada, dengan tidak menurunkan kaki, dan tidak menjatuhkan patok yang telah di pasang.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, yang diwawancarai beberapa awak media menerangkan, kegiatan lomba ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara, tanggal 1 Juli 2023 nanti. Selain itu, dalam kesempatan ini juga disosialisasikan bagaimana mengendarai sepeda motor dengan aman, mulai dari kelengkapan kendaraan hingga kelengkapan pengendara itu sendiri.

"Selain mengadakan perlombaan ini, kami juga mensosialisasikan cara berkendara di jalan raya, melengkapi kelengkapan sepeda motor, seperti plat nomor sesuai spesifikasi yang dikeluarkan oleh Samsat, lampu-lampu, kaca spion dan sebagainya. Juga kelengkapan pengendara, yakni SIM, helm SNI, hingga penggunaan sepatu dan sarung tangan. Semua item tersebut merupakan bagian dari penilaian dalam lomba, yang dilakukan oleh tim penilai", jelas Kapolresta.

Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat semakin paham dalam berkendara khususnya roda dua yang mempunyai resiko tinggi, sehingga masyarakat benar-benar paham, patuh dan terampil saat berkendara di jalan raya.

“Awalnya peserta lomba dari pangkalan-pangkalan ojek saja, namun karena antusias yang cukup tinggi sehingga kami buka juga untuk masyarakat luas”, pungkas Kombes Krisna.

Darwan, warga Kelurahan Kayu Putih, yang ikut ambil bagian sebagai peserta lomba, mengungkapkan bahwa lintasan ini sebelumnya sudah beberapa kali di pakai untuk latihan, namun masih terus butuh konsentrasi dalam mengikutinya.

"Lintasan ini dirasa cukup mudah, tetapi setelah kita langsung mencobanya, sangat dibutuhkan keseimbangan dan konsentrasi. Namun bisa dilalui dengan baik", ungkapnya.

Delfice Meka, warga Kelurahan Batu Plat, saat diwawancarai tribratanewskupangkota.com mengucapkan terima kasih kepada Polresta Kupang Kota yang sudah menyelenggarakan acara lomba yang baik ini.

“Terima kasih kepada Kapolresta Kupang Kota, karena dengan adanya lomba ini, kami bisa lebih paham dan terampil dalam berkendara, yang mana sebenarnya untuk kepentingan keselamatan diri kita sendiri”, kata salah satu pegawai pada Dinas Kebersihan Kota Kupang tersebut.

Dalam lomba tersebut, keluar sebagai juara lomba Safety Riding, Yaitu juara satu Robert Suan, dengan nilai 1.950 (2.19,29 menit), juara dua Hermet Pah, dengan nilai 1.950 (2.56,27 menit), juara tiga Remond Patola, dengan nilai 1.890 (2.40,13), juara empat Nataniel Tamelan, dengan nilai 1.880 (2.11,68 menit) dan juara lima atas nama Darwan, dengan nilai 1.880 (4.20,66 menit). Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, yang mewakili Kapolresta Kupang Kota.

Peserta lainnya yang turut berpartisipasi, juga mendapat hadiah hiburan yang diserahkan oleh Kasat Lantas Kompol Imanuel Zacharias.

Kasat Lantas menyatakan bahwa, kriteria penilaian bukan hanya berdasarkan catatan waktu, namun juga kelengkapan kendaraan dan pengendara sendiri, menjadi kriteria penilaian dari tim penilai.