Kabidhumas Polda NTT : Situasi Terkini di Kecamatan Adonara Barat Mulai Kondusif

Kabidhumas Polda NTT : Situasi Terkini di Kecamatan Adonara Barat Mulai Kondusif

Tribratanewskupangkota.com - Kecamatan Adonara Barat, khususnya Desa Illepati dan Desa Bugalima, saat ini dalam keadaan aman dan kondusif. Hal ini disampaikan oleh Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., di Mapolda NTT pada Selasa, 22 Oktober 2024.

 

Menurut Kombes Ariasandy, situasi di daerah tersebut mulai normal kembali. "Kami tetap menyiagakan anggota untuk melakukan patroli di sepanjang desa. Masyarakat yang sebelumnya mengungsi kini mulai membersihkan rumah mereka dibantu Kapolsek dan anggotanya," ujarnya.

 

Sementara itu, aktivitas pendidikan di daerah tersebut terpengaruh, ada tiga sekolah yang diliburkan sementara akibat dampak kejadian. Tiga sekolah di desa Bugalima Kecamatan Adonara barat (Adobar) yakni PAUD St. Elisabeth desa Bugalima, SD Inpres Bugalima dan SMP N SATAP Bugalima.

 

"Hari ini, 96 personel BKO sudah digeser ke Polres Flores Timur. Mereka akan berada di bawah kendali Kapolres Flores Timur untuk memastikan penanganan optimal di lapangan," ujar Kombes Ariasandy.

 

Personel BKO tersebut terdiri dari anggota Brimob, Samapta, Reskrim, Humas, Dokkes, dan tim SDM yang berperan dalam trauma healing, serta tambahan personel dari Polres Sikka, Brimob Batalyon B Sikka, dan Polres Ende.

 

Pasca bentrokan yang terjadi sebelumnya, personel TNI dan Polri juga terlibat dalam kegiatan pembersihan puing-puing rumah di Desa Bugalima. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Adonara Barat, pada Selasa pagi pukul 06.30 WITA, sebagai bentuk dukungan kepada warga yang rumahnya terbakar akibat insiden tersebut.

 

Kapolsek Adonara Barat juga melakukan kunjungan ke warga, memberikan penguatan dan imbauan untuk menyerahkan penanganan masalah ini kepada pemerintah dan aparat keamanan. "Percayakan semua persoalan yang telah terjadi kepada penegak hukum dan pemerintah untuk ditindaklanjuti," tegas Ipda Janu saat ditemui di Desa Bugalima.

 

Hingga saat ini, situasi di Desa Bugalima dan sekitarnya tetap terpantau aman dan kondusif.