Binrohtal Rutin Bentuk Karaktek Anggota Polri yang Humanis

Binrohtal Rutin Bentuk Karaktek Anggota Polri yang Humanis

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota melaksanakan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal), dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta membentuk karaktek setiap anggota Polri yang humanis, Kamis (21/9) pagi tadi.

Binrohtal Oekumene yang diikuti oleh anggota beragama Katolik dan Kristen, dipimpin oleh RD. Geovani Aditya Lewa, yang berlangsung di Gereja Oekumene Polresta Kupang Kota.

Dalam khotbahnya berdasarkan bacaan injil hari ini, Matius 9:9-13, mengisahkan tentang Matius yang merupakan seorang pemungut cukai dipanggil oleh Yesus, untuk mengikuti dia. Bahwa pemungut cukai di zaman itu, merupakan orang buangan atau dianggap pengkhianat, namun Yesus memanggilnya untuk mengikuti dia sebagai murid.

"Hal itu merupakan fakta, bahwa tidak seorang pun yang tidak layak dihadapan Tuhan. Setiap orang dipanggil untuk tujuan dan misi yang khusus dari Allah. Yesus datang bukan untuk memanggil orang yang saleh, tetapi orang berdosa. Sebagai anggota Polri, harus memaknai panggilan, dengan mengabdikan diri melalui tugas dan pelayanan dalam melayani maayarakat", ujar Romo Adi yang biasa disapa.

Di tempat yang berbeda, umat Hindu mengikuti pembekalan pengetahuan umat di Ruang Suci Polresta Kupang Kota oleh AIPDA I Kadek Wirasuta, untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan umat Hindu terhadap ajaran agama, sehingga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dia mengajak agar umat Hindu dapat hadir dan menjalani persembahyangan, baik di Ruang Suci Polresta Kupang Kota maupun Pura.

Setelah Dharma Wacana, dilanjutkan dengan persembahyangan yang diawali dengan Puja Trisandya, serta dilanjutkan dengan Panca Sembah.

Di Mushola Polresta Kupang Kota, umat Islam mengikuti pembinaan rohani Islam, pembacaan yasin,dan tausiah agama, yang diselenggarakan secara Zoom Meeting oleh Bagbinreligi Rowatpers SSDM Polri.

Sebagai Penceramah BRIPKA Asriki Candra Ps. Kanit Binmas Polsek Lubuk Sikaping, Polres Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat.

Hadir pula dalam Binrohtal, yakni Calon Siswa (Casis) bintara dan tamtama Polri pendidikan pembentukan gelombang pertama Tahun Anggaran 202A.

Kegiatan Binrohtal ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan, dalam rangka meningkatkan karakter anggota Polri, khususnya Polresta Kupang kota menjadi lebih humanis, dan juga meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa. (AN)