Satlantas Polresta Kupang Kota Lakukan Patroli Malam, Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Satlantas Polresta Kupang Kota Lakukan Patroli Malam, Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Tribratanewskupangkota.com – Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Kupang Kota menggelar patroli malam, guna meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, juga untuk memastikan keselamatan. Patroli ini tidak hanya difokuskan di jalan-jalan utama, namun juga menyasar jalan di sekitar pemukiman warga.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menjelaskan, bahwa tujuan utama dari patroli ini untuk memastikan keamanan warga tetap terjaga dan mencegah tindak kriminal yang kerap terjadi di malam hari, seperti pencurian, perampokan, dan aksi begal.

“Ini bagian dari tanggung jawab kami untuk menciptakan situasi yang aman di tengah masyarakat, khususnya di waktu-waktu krusial seperti malam hari. Kami ingin memastikan masyarakat dapat beristirahat tanpa gangguan, tanpa perlu khawatir akan keamanan rumah dan lingkungan mereka,” ujar Kapolresta Kupang Kota, Selasa (22/10/2024).

 

"Kehadiran anggota kami di lapangan akan meminimalisir tindak kejahatan dan atau pelanggaran, serta dapat mengurungkan niat pelaku kejahatan. Kami ingin seluruh warga merasa aman dan terlindungi, tidak hanya di jalan utama tetapi juga di area perumahan mereka," tambah Kombes Aldinan.

Dalam pelaksanaan patroli, personel Satlantas menggunakan kendaraan dinas dengan lampu rotator menyala, yang menjadi tanda bahwa mereka siap siaga dalam menjaga keamanan. Patroli ini dilakukan secara rutin untuk memastikan situasi tetap terkendali di berbagai titik di Kota Kupang.

 

Masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada, dan segera melaporkan apabila ada hal-hal yang mencurigakan di lingkungan tempat tinggal mereka.

 

"Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama. Kami berharap warga turut berperan aktif, dengan melaporkan hal-hal yang mencurigakan kepada pihak kepolisian, agar penanganan bisa dilakukan secara cepat dan tepat," tutup Kapolresta Kupang Kota.

 

Kasat Lantas Akp Sudirman, S.Sos yang dhubungi media ini mengatakan, selain patroli ke permukiman warga, patroli juga dilakukan ke berbagai titik yang sering digunakan untuk aksi balap liar.

“Kami rutin setiap malam melakukan patroli di lokasi-lokasi yang sering menjadi tempat untuk balap liar, sehingga hal tersebut tidak kembali terjadi, karena sangat berbahaya bagi pengendara itu sendiri maupun orang lain,” sebut Kasat Lantas.

 

Masih dalam Operasi Zebra Turangga saat ini, tambah Akp Sudirman, kami ingin keselamatan warga menjadi yang utama dan dijadikan sebagai kebutuhan, agar angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas di jalan dapat terus ditekan.

 

Dengan adanya patroli ini, diharapkan Kota Kupang tetap dalam situasi yang kondusif, sehingga aktifitas masyarakat, baik siang maupun malam, dapat berjalan dengan aman, tertib dan dan lancar. (LLLC)