POLRES KUPANG KOTA LAKSANAKAN APEL KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM 2020 DIWILAYAH KOTA KUPANG

POLRES KUPANG KOTA LAKSANAKAN APEL KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM 2020 DIWILAYAH KOTA KUPANG
Tribratanewskupangkota.com - Bertempat dilapangan Apel Polres Kupang Kota telah berlangsung Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2020 di Wilayah Kota Kupang, pada hari Kamis (13/02/2020) pukul 09.00 Wita. Bertindak sebagai Pimpinan Apel Walikota Kupang Drs. Jefrison Riwu Kore, Selaku Komendan Apel IPDA Igo Pringodani. Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2020  dihadiri oleh Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P.T. Binti SIK, yang mewakili Dandim 1604 Kupang,  Kasat Pol PP Kota Kupang, Kepala Basarnas Kupang, Kadis Kesehatan Kota Kupang, Kadis BPBD Kota Kupang, Kadis Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Kadis Sosial Kota Kupang, PJU Polres Kupang Kota serta peserta apel yang hadir - + 300 orang. Apel kesiapsiagaan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden RI yang diselenggarakan oleh Polres Kupang Kota, Pemerintah Kota Kupang dan stakeholder terkait terkait dengan Cuaca Ektrim yang terjadi diwilayah Indonesia pada umumnya  yang dapat menimbulkan  bencana alam dibeberapa daerah yang harus mendapat perhatian bersama, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Adapun penekanan Walikota Kupang Drs. Jefrison Riwu Kore sebagai Pimpinan Apel pada saat apel kesiapsiagaan yakni:
  1. Agar personil menyiapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
  2. Tunjukkan sikap dan tindakan yang humanis serta simpati kepada masyarakat sehingga akan semakin meneguhkan jati diri kita sebagai sosok penolong pelayan serta sahabat masyarakat.
  3. Bangun kerjasama yang baik antar stakeholder terkait serta mitra Kamtibmas lainnya hilangkan ego sektoral arahkan semua tenaga pikiran dan kemampuan untuk penanggulangan bencana.
  4. Optimalkan peran intelijen dan bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai garda terdepan untuk dapat mengetahui setiap potensi bencana yang mungkin terjadi serta dinamika yang berkembang agar dapat dilakukan langkah antisipasi secara dini demi mencegah timbulnya bencana.
  5. Tingkatkan kesiapsiagaan dan tanggap segerakan serta percepatan sering informasi untuk mengantisipasi setiap bencana yang terjadi.
  6. Hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun yang dapat merusak Citra dan nama baik institusi hindari tindakan yang dapat menimbulkan kebencian dan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik.
Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan oleh Polres Kupang Kota dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam diwilayah Kota Kupang yang saat ini memasuki musim penghujan dimana cuaca ekstrim yang tidak menentu sehingga menjadi perhatian kita bersama untuk meningkatkan deteksi dini dan deteksi aksi agar berbagai kerawanan yang mungkin terjadi dapat dicegah dapat dicegah dan diantisipasi secara dini sehingga kondusifitas Kamtibmas akan tetap terjaga .