Penyidik Polsek Koja Limpahkan Tersangka Kasus Curat ke Kejari Kota Kupang

Penyidik Polsek Koja Limpahkan Tersangka Kasus Curat ke Kejari Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com – Penyidik Polsek Kota Raja (Koja) Polresta Kupang Kota melakukan penyerahan tersangka AA (38) dan barang bukti ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang, pada Kamis (15/8/2024). 

 

Tersangka dalam kasus tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat), sebagaimana di maksud dalam Pasal 363 Ayat (1) ke-3e dan Ayat 5e KUH Pidana, sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/067/VI/2024/Sektor Kota Raja, yang dilaporkan pada tanggal 19 Juni 2024 lalu. 

 

Pria asal Kelurahan Naikoten 1, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang ini, diamankan karena terbukti melakukan pencurian di rumah dan kios milik Magdalena Leoanak yang juga merupakan tetangga rumahnya. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Kota Raja Akp Ricky Dally, S.H dalam keterangannya dijelaskan, bahwa setelah berkas perkara tersangka dinyatakan lengkap oleh jaksa penuntut umum, maka kami lakukan penyerahan tahap 2, yakni tersangka dan barang bukti. 

 

"Kami ingin memberikan kepastian hukum kepada pelapor atau korban secara cepat dan tepat, serta hukum dapat ditegakkan dengan adil," jelas mantan Kasat Reskrim Polres Belu ini. 

 

Kapolsek Koja lalu menceritakan, pada Rabu (19/6/2024) malam, tersangka dengan berjalan kaki lewat di depan rumah korban dan melihat rumah dalam keadaan kosong, kemudian timbul niat pelaku untuk mencuri. 

 

"Setelah adanya niat dan kesempatan, tersangka menuju bagian belakang rumah korban, lalu mengambil satu batang besi beton (DPB), yang digunakan untuk mencongkel atau merusak gerendel pintu rumah dan kios," beber Kapolsek. 

 

Setelah berhasil masuk ke dalam kios, sambung dia, tersangka mengambil barang-barang jualan kios yang kemudian ditaruh di dalam 2 buah karung. 

 

Tambah Akp Ricky, tersangka juga masuk ke dalam rumah, dan mengambil perhiasan milik korban yang di simpan di dalam lemari, dengan terlebih dahulu merusak kunci lemari tersebut. 

 

"Tersangka dalam keadaan sehat dan barang bukti dalam keadaan lengkap telah kami serahkan, dan diterima oleh jaksa di kantor Kejari Kota Kupang," tutup Kapolsek Koja. (AN)