Jelang Kampanye Pemilu Serentak, Polresta Kupang Kota Gelar Apel Kesiapan Personel

Jelang Kampanye Pemilu Serentak, Polresta Kupang Kota Gelar Apel Kesiapan Personel

Tribratanewskupangkota.com – Menjelang masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2023-2024, seluruh personel Polresta Kupang Kota melakukan apel kesiapan pengamanan Pemilu, tahap Kampanye Operasi Mantap Brata Turangga.

Apel kesiapan yang berlangsung di lapangan hitam Mako Polresta Kupang Kota, Senin (27/11) pagi, dipimpin oleh Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si.

Hadir dalam apel kesiapan, diantaranya Penjabat Wali Kota Kupang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Matheus Radja, S.H., M.Hum, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang Hotma Tambunan, S.H., M.Hum, Komandan Kodim 1604 Kupang yang diwakili oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) Kota Kupang Mayor Inf. Hendry Dunant, S.Pdi, Komisioner KPU kota Kupang, Bawaslu Kota Kupang, pejabat utama di lingkungan Polresta Kupang Kota, dan bintara serta ASN Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran.

 

Mengawali apel kesiapan pengamanan Pemilu, tahap kampanye dengan menyanyikan lagi Indonesia raya.

 

Selanjutnya dalam amanat Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, yang dibacakan oleh Wakapolresta, bahwa apel kesiapan pengamanan Pemilu tahap Kampanye, merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel maupun Sarana dan Prasarana (Sarpras) pengamanan, sehingga  tahap kampanye Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

 

Sambung mantan Kapolres Kupang itu, dalam kacamata kamtibmas, tahapan Kampanye Pemilu tahun 2024 tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, di antaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

 

AKBP Aldinan melanjutkan pembacaan amanat, untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya akan melaksanakan pengamanan tahapan kampanye yang dilaksanakan selama 75 hari, di seluruh wilayah hukum Polresta Kupang Kota.

 

Sambungnya, pengamanan ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian Tingkat Polresta Kupang Kota.

Adapun penekanan oleh Kapolresta Kombes Krisna kepada personel yang terlibat dalam pengamanan, yakni meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan, pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, dan Sarpras, tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait, jaga netralitas Polri dan TNI.

 

Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna dilakukan upaya pencegahan dan penanganan secara dini, dan terakhir, lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima. Hal ini penting, mengingat pengamanan yang kita laksanakan cukup panjang, dan Pemilu 2024 dilakukan secara serentak, ujar Wakapolresta AKBP Aldinan mengakhiri pembacaan amanat.

 

Kasihumas Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly yang ditemui usai pelaksanaan apel kesiapan menjelaskan, bahwa Polresta Kupang Kota  berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan tahapan Kampanye Pemilu tahun 2024 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

 

“Pengamanan tahapan kampanye merupakan salah satu tahapan inti Pemilu, sehingga dengan komitmen bersama seluruh personel Polresta Kupang Kota untuk mengamankan jalannya kampanye pemilihan Presiden RI dan Wakil Presiden RI, serta para calon Anggota Legistif dapat berjalan dengan aman dan damai,” jelas Kasihumas.

Dia menambahkan, dengan jumlah personel Polresta Kupang Kota saat ini 651 personel, dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata sebanyak 435 personel. Jumlah personel ini juga yang dilibatkan dalam tahapan kampanye, yang berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024 mendatang, tutup IPDA Frangky sapaan akrabnya. (AN)