Personel Polsek Oebobo Berpartisipasi dalam Kegiatan Swipe Safe Project di Hotel Cristal

Personel Polsek Oebobo Berpartisipasi dalam Kegiatan Swipe Safe Project di Hotel Cristal

Tribratanewskupangkota.com – Personel Polsek Oebobo Polresta Kupang Kota yang terdiri dari Panit 1 Reskrim Polsek Oebobo Aiptu Yosua Susang S.H., Kanit PPA Polsek Aipda Erna Manuhutu, Bhabin Oebufu Aipda Nus Klakik, dan Bhabin Kelurahan Kuanino Aipda Carlos Tuka turut serta dalam kegiatan "Swipe Safe Project".

 

Acara ini diselenggarakan oleh LBH APIK NTT dan Child Fund Internasional yang bekerjasama dengan Australia Aid, Kemensos RI dan Pemerintah Kota Kupang, dan dihadiri oleh sejumlah Aparat Penegak Hukum, Aparat Pemerintah, Guru, dan stakeholder lainnya. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Cristal Kupang, Senin (5/2/2024).

 

Pada sesi penyampaian materi dalam acara "Swipe Safe Project" ini, berbagai isu penting disampaikan terkait keselamatan anak di era Internet Of Things (IoT) dan kemajuan teknologi yang dibahas oleh para pemateri.

Retno Indrawati sebagai Project Manager Swipe Safe Child Fund memberikan penjelasan metode keselamatan anak di era Internet Of Things ( IoT) di tengah kemajuan teknologi yang begitu pesat.

Selanjutnya IPDA Nina Sailana, Dirreskrimsus Polda NTT menyajikan materi yang membahas terkait penyalahgunaan internet oleh anak dan tindak kejahatan cyber.

Tak kalah pentingnya, AKP In Kameo dari PPA Polda NTT turut memberikan kontribusi dengan menyampaikan materi tentang penanganan kasus kejahatan seksual berbasis teknologi, terutama yang berbau seksual dan melibatkan anak-anak.

 

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meminimalisir penyalahgunaan internet oleh oknum tertentu yang dapat merugikan masyarakat. Selain itu, juga dibahas mengenai perkembangan internet IoT (Internet Of Things).

 

Kegiatan ini juga lebih menekankan pada pemahaman dan perlindungan anak sebagai sumber masa depan bangsa. Dengan demikian, kehadiran Bhabinkamtibmas dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam konteks pemanfaatan teknologi yang aman dan bertanggung jawab. (AM)