Personel Polresta Kupang Kota Latihan Sispamkota Gabungan Bersama Polda NTT

Personel Polresta Kupang Kota Latihan Sispamkota Gabungan Bersama Polda NTT

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polresta Kupang Kota yang tergabung dalam beberapa Satuan Tugas (Satgas) dalam Operasi Mantap Praja (OMP) Turangga 2024, menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang berlangsung di Lapangan Lasitarda, Jalan Timor Raya, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT, pada Rabu (31/7/2024) pagi.

 

Latihan Sispamkota gabungan bersama personel Polda NTT dan Satuan Brimobda Polda NTT ini, dipimpin oleh Kasubagpulajianta Biro Operasi Polda NTT Kompol Muljono, S.H., M.H, yang juga selaku pengendali latihan.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang dihubungi media ini mengatakan, kegiatan Sispamkota dilaksanakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kesiapan dalam menghadapi rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

 

"Latihan Sispamkota dalam rangka menyamakan persepsi di antara personel, agar pada pelaksanaan simulasi nantinya, setiap personel memahami akan tugas atau peran yang sudah diberikan, sehingga dapat diperankan dengan baik," ungkap Kapolresta Kupang Kota.

Setelah itu, lanjutnya, setiap personel yang sudah mendapatkan pelatihan Sispamkota, telah siap dalam kondisi apapun dalam rangkaian Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, serta Gubernur dan Wakil Gubernur NTT mendatang.

 

"Kegiatan seperti ini memiliki arti yang sangat penting, karena merupakan upaya dalam memberikan pemahaman kepada personel, guna mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya pada saat pelaksanaan Pilkada berlangsung nanti," sebut Kombes Aldinan Manurung.

Dikatakannya lagi, pada akhir bulan Agustus 2024 mendatang, sudah dimulainya tahap pendaftaran peserta calon kepala daerah peserta Pilkada 2024, masa kampanye pada September 2024, hingga tahap pemungutan suara pada November 2024.

 

Latihan Sispamkota ini diharapkan dapat diikuti dengan baik, sehingga pada pelaksanaan simulasi diperankan sesuai skenario.

"Personel akan terus berlatih, sehingga memahami akan perannya masing-masing, agar saat simulasi yang akan ditonton oleh Forkopimda dan masyarakat, berjalan sesuai skenario yang dibuat," harap Kapolresta.

 

Terpantau media ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum memantau langsung pelaksanaan latihan Sispamkota, kemudian memberikan arahan dan evaluasi kepada para perwira penanggungjawab, terkait tugas dan peran dari setiap Satgas, baik Polda NTT, Satbrimobda Polda NTT dan Polresta Kupang Kota. (AN)