Untuk Menjamin Pemerataan Layanan Kepolisian, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Dan Supervisi Optimalisasi Fungsi Penegakan Hukum Di Polres Kupang Kota

Untuk Menjamin  Pemerataan Layanan Kepolisian, Tim Puslitbang Polri  Lakukan Penelitian Dan Supervisi Optimalisasi Fungsi Penegakan Hukum Di Polres Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.con- Pusat penelitian dan pengembangan (puslitbang) polri melaksanakan kegiatan penelitian dan supervisi tentang "Optimalisasi Fungsi Penegakan Hukum dalam Menjamin Pemerataan Layanan Kepolisian untuk Masyarakat" T.A. 2020 di Polres Kupang kota Polda NTT, Rabu (25/11/2020).

Kedatangan Tim Puslitbang Polri di polres Kupang Kota disambut oleh Waka Polres kupang Kota Kompol Didik Kurnianto, S.H.,S.I.K dan Para PJU polres di Loby Polres kupang kota dengan mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim dan anggota di wilayah hukum polres kupang kota.

Kegiatan penelitian dan supervisi dimulai pukul 09.00 wita di aula polres yang dipimpin oleh Kombes Pol. Saefuddin Mohamad, S.I.K., selaku Ketua Tim Peneliti beserta anggota tim yaitu  AKBP Hanafiah Nembo, Penata TK I Usman, M.A. dan Juru TK I Dedi Hidayat, dan sebagai Ketua Tim Supervisi di Pimpin oleh Kombes Pol. Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si. beserta Bripda Deden Wahyudin. 

"Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi, serta masukan dari anggota Polri terkait dengan Optimalisasi fungsi penegakan hukum  di Polresta kupang kota maupun Polsek jajaran dalam menjamin pemerataan layanan  kepolisian untuk masyarakat," Jelas Kombes Pol. Saefuddin Mohamad.

Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada anggota Reskrim, dan wawancara mendalam kepada  Penyidik atau penyidik pembantu serta toko masyarakat dengan sasaran penelitian yang hadir adalah Perwakilan Kapolsek, para penyidik pembantu polres maupun polsek, Perwakilan Kanit Reskrim Polres kupang kota, perwakilan personil Sat Lantas serta sejumlah Tokoh masyarakat kota kupang.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga disampaikan Puslitbang Polri adalah unsur pendukung dari organisasi Polri yang memiliki tugas pokok yaitu menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian, dan pengembangan, baik di bidang pembinaan maupun operasional kepolisian melalui kegiatan inovasi dan rekayasa, pengawasan uji terhadap materiil, fasilitas, maupun jasa yang digunakan oleh satuan kerja kepolisian lainnya dalam organisasi, tim peneliti juga menayangkan Video Company Profile Puslitbang Polri.

Di ketahui Selain Polres Kupang kota, Ada Juga sejumlah Polres daratan Timor yang menjadi sampel dalam penelitian ini antara lain Polres Kupang, Polres TTS, dan Polres TTU. Kegiatan penelitian dan supervisi ini berjalan dengan baik hingga selesai. "Hasilnya akan dilaporkan kepada Kapolri guna menentukan berbagai kebijakan Polri kedepannya," tutup Ketuan Tim Kombes Pol. Saefuddin Mohamad.